Inilah Sejumlah Pantai Tersembunyi Indonesia

Inilah Sejumlah Pantai Tersembunyi Indonesia (thetwohappywanderers)

JAKARTA – Tak hanya di luar negeri, Tanah Air Indonesia memiliki berbagai pesonanya yang telah menjadi magnet bagi para pelancong dari berbagai penjuru dunia maupun setempat.

Kecantikan alam Indonesia bahkan tidak sekadar pada destinasi yang sudah terkenal secara global. Masih banyak tempat wisata yang tak kalah menakjubkan, termasuk di antaranya adalah pantai-pantai tersembunyi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Banyak pantai tersembunyi di Indonesia yang belum diketahui oleh banyak orang. Baik itu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Padahal, pantai-pantai tersembunyi ini juga menyajikan keindahan alam yang asri, suasana yang alami, dan pemandangan bawah laut yang sangat eksotis.

Berikut 6 pantai tersembunyi di Indonesia yang jarang diketahui dan menarik dijelajahi.

Pantai Tersembunyi di Indonesia

Pantai Poganda

Pantai Poganda (pariwisata.banggaikep.go.id)

Pantai Poganda merupakan salah satu destinasi pantai tersembunyi di Indonesia yang belum banyak diketahui. Tapi jangan salah, pantai ini menarik untuk dikunjungi. Terletak di Dusun Poganda, Luk Panenteng, Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, pantai ini adalah surga tersembunyi yang menawarkan keindahan alam pesisir.

Selain memiliki pasir putih dan air laut yang sangat jernih, surga tersembunyi ini juga dikenal dengan ombaknya yang cenderung damai. Jika Anda ingin bersantai sekaligus melakukan aktivitas seperti snorkeling dan diving di satu area, maka Pantai Poganda adalah tempat yang terbaik untuk Anda kunjungi.

Bahkan, karena belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, kebersihan Pantai Poganda tetap terjaga dengan baik.

Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur (Flickr/Mowel Blackpacker)

Salah satu pantai tersembunyi yang menarik untuk dijelajahi di Indonesia adalah Pantai Ngurtafur di Maluku Tenggara. Pantai ini sangat bersih dan menawarkan pengalaman yang berbeda dengan pantai-pantai tersembunyi lainnya.

Di Pantai Ngurtafur Anda memiliki kesempatan untuk berjalan ke tengah laut dengan kaki telanjang. Hal ini disebabkan oleh adanya dataran pasir pantai yang membentang di atas air laut sepanjang 2 km.

Meskipun perjalanan menuju Pantai Ngurtafur memerlukan kombinasi perjalanan udara, darat, dan laut, namun keindahan alam yang ditawarkan pasti tidak akan mengecewakan. Anda akan merasakan suasana alami, air laut yang jernih berwarna biru, dan jika sedikit keberuntungan, Anda bisa bertemu langsung dengan gerombolan burung pelikan.

Virgin Beach, Bali

Virgin Beach, Bali (thetwohappywanderers)

Pantai Virgin memiliki beberapa nama. Para wisatawan asing biasanya menyebutnya sebagai Pantai Virgin karena pantai ini jauh dari keramaian dan masih alami. Sementara, wisatawan asing lainnya menyebut pantai ini sebagai Pantai Pasir Putih karena hanya pantai ini di sekitar Kota Karangasem yang memiliki pasir putih.

Meskipun warna pasir pantai sebenarnya tidak lebih putih daripada Pantai Padang Padang atau Pantai Pandawa. Pasir putih di pantai ini dipengaruhi oleh kandungan vulkanik Gunung Agung. Pantai Virgin hanya sekitar 33 km dari Gunung Agung. Jika Anda berkendara, dibutuhkan sekitar satu setengah jam untuk sampai ke sana.

Yang menarik, Virgin Beach Bali merupakan habitat terumbu karang. Hal inilah yang menjadikannya sebagai salah satu spot snorkeling terindah yang wajib diselami.

Dilansir dari lovebali.baliprov.go.id, untuk mengunjungi Pantai Virgin, Anda dapat bertanya kepada penduduk lokal karena akses ke pantai ini relatif jauh dari pusat kota, bahkan Anda harus mencari beberapa petunjuk jalan untuk sampai ke pantai.

Jika Anda ingin bertanya kepada penduduk lokal, mereka biasanya menyebut tempat ini sebagai Pantai Perasi. Karena terletak di Desa Perasi, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

Pulau Maratua

Pulau Maratua (kaltimprov.go.id)

Selain Pantai Tanah Merah, Kalimantan Timur juga memiliki pantai tersembunyi lainnya, yaitu Pantai Maratua, yang menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Keindahan pantai ini sering disebut sebagai potongan surga yang dianugerahkan oleh Tuhan.

Anda akan terpesona oleh luasnya pasir pantai putih dan kejernihan air laut. Di sini, Anda juga dapat menjelajahi dan menikmati keindahan bawah laut yang memukau, dengan bertemu gerombolan ikan eksotis, penyu, dan terumbu karang yang terjaga dengan baik.

Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu (nihi Sumba)

Meskipun lokasi pantai ini tersembunyi dan jarang dikenal, siapa sangka pantai ini pernah masuk dalam daftar 100 Pantai Terbaik di Dunia. Hal ini tentu saja karena keindahan panorama yang tak tertandingi yang dimiliki Pantai Nihiwatu.

Terletak di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, daya tarik utama Pantai Nihiwatu terletak pada kombinasi pasir putih, batu karang, dan air laut yang berwarna biru jernih.

Meskipun kebanyakan wisatawan masih jarang mengetahui keberadaan pantai ini, Pantai Nihiwatu sering kali menjadi tempat untuk bersantai menikmati matahari terbenam. Namun terkadang, ada yang rela menempuh perjalanan jauh untuk menjajal ombak di sini karena Pantai Nihiwatu terkenal sebagai spot selancar yang menantang.

Pantai Tanah Merah Tanjung Harapan

Pantai Tanah Merah Tanjung Harapan (atourin)

Kalimantan Timur dikenal karena memiliki banyak destinasi wisata yang jarang diketahui dan belum terjamah. Salah satunya adalah Pantai Tanah Merah Tanjung Harapan. Dengan perjalanan sekitar satu jam dari Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Anda akan menemukan pemandangan pantai yang eksotis di sana.

Pantai tersembunyi di Kalimantan Timur ini dikenal dengan pasir putih yang bersih, yang dikelilingi deretan pohon cemara yang menjulang tinggi dan juga pohon bakau yang berada dipinggir pantai, serta pinus.

Ketika sore tiba, suasana menjadi semakin syahdu. Langit berubah menjadi warna jingga, disertai dengan suara ombak laut yang menenangkan.

Itulah beberapa partai tersembunyi di Indonesia. Buat kalian yang sedang merencanakan liburan, kalian juga bisa memasukkan pantai tersembunyi tersebut dalam list liburan kalian!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 06 Apr 2024 

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories